Daftar Blog Saya

Rabu, 24 November 2010

perlu anda ketahui

Fatwa Haramnya Pluralisme

Pluralisme kembali menjadi perbincangan. Semua media cetak menjadikan pluralisme sebagai berita utama. Pluralisme kembali mencuat terutama setelah Presiden SBY memberikan gelar Gus Dur sebagai “Bapak Pluralisme” yang patut menjadi teladan seluruh bangsa.
Kalangan liberal, salah seorang tokoh aktivisnya, Zuhairi Misrawi, menulis bahwa dalam rangka memberikan penghormatan terhadap Gus Dur sebagaimana dilakukan oleh Presiden SBY akan sangat baik jika MUI mencabut kembali fatwa pengharaman terhadap pluralisme.
Pertanyaannya, bagaimana dengan MUI sendiri yang dalam fatwanya No.7/MUNAS VII/MUI/11/2005 telah
dengan jelas-jelas menyebutkan bahwa sekulerisme, pluralisme, dan liberalisme ( sipilis) adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam, dan umat Islam haram mengikuti paham tersebut? Lebih penting lagi, bagaimana sesungguhnya pluralisme menurut pandangan Islam?
Hakikat Pluralisme
Pluralisme sering diartikan sebagai paham yang mentoleransi adanya ragam pemikiran, agama, kebudayaan, peradaban dan lain-lain. Kemunculan ide pluralisme didasarkan pada sebuah keinginan untuk melenyapkan ‘klaim keberanan’ (truth claim) yang dianggap menjadi pemicu munculnya sikap ekstrem, radikal, perang atas nama agama, konflik horisontal, serta penindasan atas nama agama. Menurut kaum pluralis, konflik dan
kekerasan dengan mengatasnamakan agama baru sirna jika masing-masing agama tidak lagi menganggap agamanya yang paling benar.
Hakikat ide pluralisme agama yang saat ini dipropagandakan di Dunia Islam melalui berbagai cara dan media. Dari ide ini kemudian muncul gagasan lain yang menjadi ikutannya seperti dialog lintas agama, doa bersama dan lain sebagainya. Pada ranah politik, ide pluralisme didukung oleh kebijakan Pemerintah yang harus mengacu pada HAM dan asas demokrasi. Negara memberikan jaminan sepenuhnya kepada setiap warga negara untuk beragama, pindah agama (murtad), bahkan mendirikan agama baru.
Gagasan mengenai pluralisme (agama) sesungguhnya didasarkan pada sejumlah faktor. Dua di antaranya adalah:Pertama, adanya keyakinan masing-masing pemeluk agama bahwa konsep ketuhanannyalah yang paling benar dan agamanyalah yang menjadi jalan keselamatan. Masing-masing pemeluk agama juga meyakini bahwa merekalah umat pilihan. Read the rest of this entry »
28
Dec

Ketika Tuhan Diprotes

Ada yang yang mengusik jiwa, ketika ketiadaan, musibah, kegagalan atau cita-cita tak tercapai yang datang mendera pada seseorang. Seakan dunia mau runtuh dan hidup jadi begitu sempit, pikiran pusing, makan tak enak dan jiwa ragapun menjadi sakit. Lalu menutup diri dari manusia, malu, katanya.
Dari kata gagal ini muncul mata rantai kegegalan yang lain dan kadang Tuhan-pun menjadi “tertuduh”, Tuhan tak adil, Tuhan tak mengabulkan doa , buat apa sholat, toh sholat tak merubah nasib dan seterusnya. Tuhan kadang “diprotes” pada tengah malam, “Mengapa Kau biarkan ini terjadi ? Mengapa Kejadian ini terjadi ? Mengapa dan banyak pertanyaan mengapa lainnya, seakan Tuhan salah dalam mengatur hidup dan kehidupan ini.
Ya sering kali Tuhan menjadi “tertuduh ” atas kegagalan manusia mencapai sesuatu yang di inginkan dan Tuhan seringkali diprotes oleh orang-orang mendapat musibah atau bencana, sekali lagi seakan-akan Tuhan salah dalam mengatur hidup ini. Tuhan tak pernah salah sedikitpun, kalau Tuhan salah, bukan Tuhan namanya ! Mustahil Tuhan salah, itu bertentangan dengan logika manapun. Kalau Tuhan salah, kehidupan tak pernah ada sejak diciptakan ! Loh gimana ada kehidupan kalau Tuhan salah sejak awal ? Read the rest of this entry »
14
Dec

Rahasia Ubun-ubun dalam Alquran


Gambar otak manusia bagian depan yang disebut Allah dalam Al Qur’an Al Karim dengan kata nashiyah (ubun-ubun).
Al-Qur’an menyifati kata nashiyah dengan kata kadzibah khathi’ah (berdusta lagi durhaka). Allah berfirman, “(Yaitu) ubun-ubun yang mendustakan lagi durhaka.” (Al-‘Alaq: 16)
Bagaimana mungkin ubun-ubun disebut berdusta sedangkan ia tidak berbicara? Dan bagaimana mungkin ia disebut durhaka sedangkan ia tidak berbuat salah?
Prof. Muhammad Yusuf Sakr memaparkan bahwa tugas bagian otak yang ada di ubun-ubun manusia adalah mengarahkan perilaku seseorang. “Kalau orang mau berbohong, maka keputusan diambil di frontal lobe yang bertepatan dengan dahi dan ubun-ubunnya. Begitu juga, kalau ia mau berbuat salah, maka keputusan juga terjadi di ubun-ubun.”
Kemudian ia memaparkan masalah ini menurut beberapa pakar ahli. Di antaranya adalah Prof. Keith L More yang menegaskan bahwa ubun-ubun merupakan penanggungjawab atas pertimbangan-pertimbangan tertinggi dan pengarah perilaku manusia. Sementara organ tubuh hanyalah prajurit yang melaksanakan keputusan-keputusan yang diambil di ubun-ubun. Read the rest of this entry »
03
Dec

Keajaiban Akhir Dunia

Sesungguhnya keajaiban manusia di akhir zaman ini sangat banyak dan nyata sekali. Terkadang kita kurang jeli memperhatikannya sehingga terlihat dunia ini berjalan baik-baik saja. Namun, bila kita cermati dengan baik, kita akan menemukan segudang keajaiban dan keanehan dalam kehidupan manusia akhir zaman dan hampir dalam semua lini kehidupan. Keajaiban yang kita maksudkan di sini bukan terkait dengan persitiwa alam seperti gempa bumi, tsunami dan sebagainya, atau kejadian yang aneh-aneh lainnya, melainkan pola fikir manusia yang paradoks yang berkembang biak di akhir zaman ini.
Berikut ini adalah sebagian kecil dari berfikir paradoks yang berkembang akhir-akhir ini dalam masyarakat luas. Lebih ajaib lagi, berfikir paradoks tersebut malah dimiliki pula oleh sebagian umat Islam dan para tokoh mereka. Read the rest of this entry »
16
Nov

Shalat Jumat di Idul Fitri atau Idul Adha

Karena mendekati hari raya Idul Adha, maka akan saya postingkan mengenai pelaksanaan shalat jum’at yang bersamaan dengan hari raya idul adha :
Imam Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah dan Nasai dari Zaid bin Arqom menyaksikan bersama Rasulullah saw bersatunya dua hari raya. Maka beliau saw melaksanakan shalat id diawal siang kemudian memberikan rukhshah (keringanan) terhadap shalat jum’at dan bersabda,”Barangsiapa yang ingin menggabungkan maka gabungkanlah.” Didalam sanadnya ada yang tidak dikenal maka hadits ini lemah.
Abu Daud dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Hurairoh bahwa Nabi saw bersabda,”Sungguh telah bersatu dua hari raya pada hari kalian. Maka barangsiapa yang ingin menjadikannya pengganti (shalat) jum’at. Sesungguhnya kami menggabungkannya.” Terdapat catatan didalam sanadnya. Sementara Ahmad bin Hambal membenarkan bahwa hadits ini mursal, yaitu tidak terdapat sahabat didalamnya.
Nasai dan Abu Daud meriwayatkan bahwa pernah terjadi dua hari raya bersatu pada masa Ibnu az Zubeir lalu dia mengakhirkan keluar (untuk shalat, pen) hingga terik meninggi lalu dia keluar dan berkhutbah kemudian melaknakan shalat. Dia dan orang-orang tidak melaksanakan shalat (id) pada hari jum’at.. Read the rest of this entry »
02
Nov

Kota Madinah Gempar

Kota Madinah menjadi gempar dengan berita pengangkatannya, sebab kehidupan Umar bin Abdul Aziz sudah sangat masyhur dikalangan masyarakat, bahkan di seluruh penjuru negeri Islam. Kegemparan ini dimaklumi, sebab selain Umar sebagai pribadi yang istimewa, Umar menggantikan tokoh Hisyam bin Ismail, yang terkenal dengan kelaliman dan kekerasannya, hingga banyak menimbulkan kekacauan dan ketidak senangan masyarakatnya.
Pemimpin baru ini mengawali pemerintahannya dengan langkah-langkah yang sama sekali berbeda dengan penguasa-penguasa sebelumnya. Apabila penguasa sebelumnya selalu dikelilingi para pembantu yang terdiri dari orang-orang jahat, para penjilat dan pengambil muka, yang kemudian terkenallah sebuah pameo, “Uang yang laku itu adalah uang yang palsu”. Tiba-tiba datanglah seorang pemimpin yang shaleh dan penuh dengan berkah, serta memberkahi kehidupan. Read the rest of this entry »
31
Oct

Banyaknya Aliran Sesat di Indonesia

Semalam, saya melihat acara dialog di salah satu stasiun swasta di negeri ini. Yaitu dialog antara wakil dari MUI dan pemimpin aliran sesat baru di negeri ini, yaitu Kalam Santriloka.
Sesaat saya lihat lucu dan dilain hal begitu bersemangat dan menggebu-gebu menerangkan ajaran yang dianutnya itu. Ajaran yang didapatnya dengan sendirinya (mungkin menafsirkan sendiri) setelah merasakan kekecewaanya dengan ajaran islam yang dianutnya sebelumnya. Dia mengatakan bahwa Al Qur’an itu sesat, ada sebagian yang benar dan sebagian yang salah. Mengundang perpecahan dan membahayakan Pancasila (apa hubungannya). Apakah pancasila yang lahir baru setengah abad bisa menandingi Al Qur’an yang sudah 14 abad lebih. Yang sudah terbukti membawa persatuan di 1/3 belahan dunia.
Heran… kenapa begitu banyak aliran-aliran dinegeri ini. Walaupun memang telah di sunatullahkan bahwa islam terpecah menjadi 73 golongan.. tapi bukan berarti itu aliran sesat kan. Tapi kalau maksudnya itu termasuk??? Gak menyangka, bakalan banyak sekali di indonesia ini. Semua sarang ada di sini. dari sarang koruptor, sarang teroris sampai sarang aliran sesat.
Andai saja proteksi pemerintah besar, mungkin tidak terjadi seperti masalah AHMADIYAH. yang sewaktu kecil didiamkan dan saat besar menjadi boomerang sendiri bagi negeri ini. umat islam terbesar didunia, tetapi umat paling besar juga yang secara sembarangan menafsirkan ajaran agama islam ini. Susahnya kalau punya agama yang keturunan, jadi ya gak ngerti dan gak paham sama ajaran agamanya sendiri.
Lihat saja jumlah aliran sesat dinegeri ini, di pulau jawa saja begitu melimpah, belum yang diluar jawa dan juga di luar agama islam (kristen) ternyata ada juga. Read the rest of this entry »
30
Oct

Aliran Sesat Kalam Santriloka

Mojokerto – Jawa Timur. Aliran sesat Perguruan Ilmu Kalam Santriloka yang ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur semakin membuat resah umat Islam. Perguruan ini menganggap sebagian isi Al-Quran sesat dan membahayakan persatuan. Perguruan ini juga mengecam ibadah haji yang dianggap sebagai pembodohan Bangsa Arab terhadap Bangsa Indonesia.
“Al-Quran sebagian salah dan sesat, sebagian benar. Seperti Surat Al-Kafirun, itu sesat. Bukan kalam Allah tapi suara orang Arab,” kata Pengasuh Perguruan Ilmu Kalam Santriloka Kiai Ahmad Naf’an kepada detiksurabaya.com di Padepokan Santriloka, Kelurahan Kranggan gang 5, Kota Mojokerto, Rabu (28/10/2009).
Menurut pria yang biasa dipanggil Gus Aan ini, Surat Alkafirun menyerukan perpecahan, bukan persatuan. “Bagaimana, kok bisa Tuhan Allah mengecam dan menyuruh orang agar memusuhi orang yang dianggap kafir,” jelas Aan.
Terkait dengan Al-Quran yang beredar di Indonesia, Gus Aan menyatakan salah. Menurutnya, Al-Quran bukan dari Bahasa Arab. Melainkan Bahasa Kawi, Bahasa Sansekerta dan Bahasa Jawa Kuno. Al-Quran merupakan buatan orang Arab untuk menjajah Bangsa Indonesia. Read the rest of this entry »
28
Oct

Lebih Memahami Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II, dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai “Hari Sumpah Pemuda”.
Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.
Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Read the rest of this entry »
28
Oct

Berbahayanya Facebook! Hati-Hati

Ketika perpecahan keluarga menjadi tontonan yang ditunggu dalam sebuah episode infotainment setiap hari.
Ketika aib seseorang ditunggu-tunggu ribuan mata bahkan jutaan dalam berita-berita media massa.
Ketika seorang celebritis dengan bangga menjadikan kehamilannya di luar pernikahan yang sah sebagai ajang sensasei yang ditunggu-tunggu …’siapa calon bapak si jabang bayi?’
Ada khabar yang lebih menghebohkan, lagi-lagi seorang celebrities yang belum resmi berpisah dengan suaminya, tanpa rasa malu berlibur, berjalan bersama pria lain, dan dengan mudahnya mengolok-olok suaminya.
Wuiih……mungkin kita bisa berkata ya wajarlah artis, kehidupannya ya seperti itu, penuh sensasi.Kalau perlu dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, aktivitasnya diberitakan dan dinikmati oleh publik. Read the rest of this entry »
16
Oct

Masih Tentang Miyabi dan Pemuda Indonesia

Artikel ini saya kutip dari : eramuslim.com karena saya suka dengan artikel yang dikirimkan dari seseorang yang masih mempunyai rasa malu… dan mungkin oleh sebagian orang (yang setuju dengan kedatangan Miyabi) akan dikatakan sebagai MUNAFIK (dalam tanda kutif)
Inilah sekilas tentang pemuda yang masih menginginkan bangsa ini selamat dari azab Allah SWT :
Saya ketinggalan berita perihal sosok Maria Ozawa. Ternyata, gadis Jepang yang populer dipanggil Miyabi itu adalah mantan bintang film porno. Beberapa hari terakhir, Miyabi bukan saja dikenal sebagai bintang film, tetapi seru dibicarakan, dinilai, didukung dan ditolak di Indonesia menyusul rencana kedatangannya. Tentu karena lebel ”porno”nya ia ditolak.
Siapapun bisa mengambil jalan seperti yang ditapaki Miyabi. Apalagi kabarnya, menjadi bintang film seperti yang dilakoninya cepat membuat orang jadi kaya, sekaya Miyabi yang sanggup membayar apartemen mewahnya di Tokyo seharga enam belas juta rupiah perbulan, asalkan ia tega membuang iman dan sisi kemanusiaannya yang paling dasar. Biarlah Miyabi dengan jalan hidupnya dan terserahlah siapapun memilih jalan seperti hidupnya. Tetapi bagi seorang muslim, fenomena aktivitas label filmnya itu adalah bagai sebuah ancaman kekerasan atas akhlakul kariimah. Read the rest of this entry »
15
Oct

3 Pertanyaan Pemuda

Ada seorang pemuda yang lama sekolah di negeri Sam kembali ke tanah air. Sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanya untuk mencari seorang Guru agama, siapapun boleh menjawab 3 pertanyaannya. Akhirnya Orang tua pemuda itu mendapatkan seorang guru tersebut. “Anda siapa? Dan apakah anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?”
Pemuda bertanya. “Saya hamba Allah dan dengan izin-Nya saya akan menjawab pertanyaan saudara.” Jawab Guru Agama. “Anda yakin? sedangkan Profesor dan banyak orang pintar saja tidak mampu menjawab pertanyaan saya.” Jawab Guru Agama “Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya” Read the rest of this entry »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar